Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / 14 Cara Mencegah Keguguran

14 Cara Mencegah Keguguran

/
/
122 Views

Setelah di artikel sebelumnya kita membahas beberapa tanda keguguran, di artikel pengenhamil.com berikut ini kita akan mengulas bagaimana cara menghindari dan mencegah keguguran pada Ibu hamil.

Ketika ibu mengalami keguguran maka itu akan menjadi peristiwa yang paling menyedihkan. Hampir semua kejadian keguguran akan meninggalkan rasa trauma dan bersalah yang besar pada ibu.

Cara terbaik agar tidak mengalami keguguran berulang adalah dengan mencegahnya. Dalam hal ini Ibu hamil tentu saja perlu berdiskusi dengan dokter tentang apa-apa yang perlu dilakukannya untuk menjaga kehamilannya.

Dengan menjaga kehamilan maka ibu akan berusaha merawat pertumbuhan janin sehingga bisa melahirkan bayi yang sehat.

Tips mencegah keguguran pada Ibu hamil
Tips mencegah keguguran pada Ibu hamil

Berikut ini beberapa tips bagaimana cara mencegah keguguran yang wajib diketahui semua Ibu hamil.

  1. Cukup istirahat

Jika ingin mencegah keguguran maka Ibu hamil wajib mendapatkan istirahat yang cukup, terutama pada tahap awal kehamilannya.

Cara ini sangat baik untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan sehingga tidak akan mengalami keguguran.

Kemudian istirahat yang cukup akan membuat tubuh ibu memiliki volume darah yang dibutuhkan dan tidak mengalami stres. Janin dalam kandungan pun bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Ibu hamil harus mencoba membatasi berbagai kegiatan yang bisa membuat janin berada dalam kondisi yang berbahaya.

  1. Jangan sampai kelelahan

Jika ibu tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup karena masih harus beraktivitas seperti biasa maka jaga tubuh ibu agar tidak mengalami kelelahan. Ketika tubuh ibu mengalami kelelahan, maka itu bisa menjadi penyebab awal keguguran.

Jadi saat ibu merasa sudah sangat lelah maka biarkan tubuh ibu istirahat. Ibu bisa duduk bersantai, menikmati suasana rumah atau mengambil cuti dari pekerjaan.

  1. Jangan sampai cedera

Ketika ibu harus beraktivitas maka sebaiknya ibu menjaga agar tubuh tetap aman. Jangan sampai ibu mendapatkan cedera karena cedera pada ibu hamil sangat fatal dampaknya.

Misalnya saja jangan sampai berjalan tidak hati-hati sehingga terjatuh, jatuh dari motor, jatuh dari tangga, dan berbagai kejadian yang lain.

Untuk mencegah keguguran Ibu hamil harus membuat tubuh benar-benar berada dalam kondisi yang sangat aman.

  1. Hindari naik motor di awal kehamilan

Prinsipnya adalah mencegah kecelakaan sama dengan mencegah keguguran terjadi.

Banyak ibu hamil yang beraktivitas biasa seperti sebelum hamil. Misalnya saja masih naik motor dengan jarak yang cukup jauh.

Meskipun ini tidak dilarang oleh dokter namun sebaiknya ibu membatasi aktivitas untuk naik motor. Ketika ibu naik motor maka banyak getaran yang terjadi.

Ini bisa membuat janin yang masih berada di tahap awal kehamilan sulit untuk bertahan. Kemudian resiko jatuh dan kecelakaan saat naik motor bisa membuat ibu terkena keguguran.

  1. Hindari angkat beban

Setiap ibu hamil juga harus mencoba untuk menghindari angkat beban. Tentunya jika ibu memiliki pekerjaan dengan aktivitas seperti ini maka sebaiknya tidak dilakukan selama hamil.

Saat ibu melakukan angkat beban maka bukan hanya otot tangan saja yang bekerja. Reaksi otot tubuh yang lain seperti pada perut, panggul dan bagian yang lain akan ikut tegang.

Akibatnya bisa menyebabkan rahim mengalami kontraksi sehingga janin keguguran. Jadi hindari dulu angkat beban sampai ibu dinyatakan aman.

  1. Stop rokok
Ibu merokok rentang mengalami keguguran
Ibu merokok rentang mengalami keguguran

Salah satu tips paling jitu untuk mencegah keguguran dan mencegah Ibu hamil melahirkan prematur adalah berhenti merokok.

Baca juga: Bahaya Merokok pada Ibu Hamil dan Janin

Semua ibu hamil seharusnya tidak mendapatkan pengaruh asap rokok baik itu melalui rokok aktif atau pasif.

Ibu yang memiliki kebiasaan merokok sebelum hamil dan saat hamil memiliki risiko terkena keguguran yang lebih tinggi. Dan peluang ini sama besarnya ketika ibu menjadi perokok pasif.

Dalam rokok mengandung bahan yang sangat berbahaya termasuk nikotin, tar dan bahan yang lain. Semua bahan ini juga akan diserap oleh janin melalui plasenta.

Jadi jangan merokok agar tidak mengalami keguguran.

  1. Stop alkohol

Seperti halnya merokok, Ibu hamil wajib menghindari segala minuman beralkohol untuk mencegah terjadinya keguguran.

Minuman keras adalah bahan yang sangat terlarang untuk semua ibu hamil. Alkohol bisa menyebabkan dampak yang sangat serius pada kehamilan.

Keguguran termasuk risiko yang paling rendah, karena jika janin bertahan maka bisa mengalami cacat janin sejak dalam kandungan.

Alkohol yang berupa cairan akan masuk ke dalam tubuh dan darah ibu. Kemudian akan masuk ke tubuh janin melalui plasenta. Jadi secara tidak langsung janin Anda juga minum alkohol.

Tentu saja ini sangat berbahaya karena menjadi pemicu keguguran yang sangat besar.

  1. Jangan sampai stres

Stres adalah masalah yang dialami oleh semua ibu hamil. Ibu hamil memang rentan stres karena masalah ini dipicu oleh hormon kehamilan.

Saat hormon kehamilan naik maka ibu hamil menjadi lebih sensitif. Kemudian stres akan membuat ibu malas makan, gangguan kehamilan yang lebih berat, janin tidak tumbuh sempurna dan masalah lain.

Jadi hindari stres untuk mencegah keguguran dan jalani kehamilan dengan santai dan indah. Ajak pasangan untuk berdiskusi tentang kehamilan Anda sehingga ibu tidak merasa sendiri.

  1. Lakukan olahraga ringan

Ibu hamil juga sebaiknya tetap  berolahraga. Namun untuk ibu hamil jenis olahraga yang disarankan adalah seperti olahraga ringan.

Hindari semua jenis olahraga yang berat seperti angkat beban, lari atau jenis olahraga beladiri. Lebih baik melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, senam hamil atau yoga khusus untuk ibu hamil.

Dan jangan lupa setiap ibu melakukan olahraga yang tidak umum seperti yoga kehamilan dan senam hamil maka mintalah pendampingan dari ahli.

  1. Jangan makan buah pemicu keguguran

Tidak semua buah baik untuk ibu hamil. Ada beberapa jenis buah yang bisa menyebabkan ibu terkena keguguran.

Misalnya buah yang menyebabkan keguguran seperti nanas, durian, pepaya muda, dan nangka. Buah ini mengandung bahan khusus yang bisa menyebabkan kontraksi.

Hindarilah makanan-makanan tersebut untuk mencegah keguguran terjadi. Lebih baik mengonsumsi buah yang sehat seperti jeruk, apel, anggur, buah berri, alpukat, jambu dan buah lainnya.

  1. Hindari lemak jenuh

Ibu juga sebaiknya menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang mengandung lemak jenuh tidak baik untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu.

Lebih baik jika ibu mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat seperti dada ayam yang tidak mengandung kulit, ikan, minyak zaitun, dan semua jenis makanan yang tidak digoreng dengan minyak terhidrogenasi.

  1. Penuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang
Nutrisi cukup dapat mencegah keguguran
Nutrisi cukup dapat mencegah keguguran

Ibu hamil membutuhkan jumlah nutrisi yang seimbang. Ibu hamil sebaiknya mendapatkan asupan nutrisi berdasarkan trimester kehamilan.

Nutrisi khusus ini sebaiknya mengandung lemak yang sehat, protein, vitamin dan mineral. Janin yang ada dalam kandungan membutuhkan semua nutrisi ini untuk mendukung pertumbuhan setiap sel dalam tubuhnya.

Hindari dulu makanan lezat yang ternyata tidak mengandung gizi yang seimbang.

  1. Cukupi kebutuhan zat besi

Salah satu cara mencegah keguguran adalah mencukup kebutuhan zat besi harian Ibu hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Ibu mengalami anemia.

Kebutuhan zat besi Ibu hamil lebih tinggi karena adanya janin dalam kandungan karena itu Ibu wajib mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk menguatkan kandungan.

Berbagai jenis makanan yang mengandung zat besi alami seperti sayur bayam, buah berri, hati ayam, hati sapi, daging sapi tanpa lemak dan sumber yang lain.

Jika ibu mengalami kekurangan zat besi maka mintalah suplemen zat besi ke dokter yang merawat Anda.

  1. Cukupi asam folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, terutama di tahap awal kehamilan.

Asam folat bisa mencegah berbagai risiko cacat tabung syaraf yang menyebabkan janin mengalami keguguran dan bayi lahir cacat.

Ibu bisa mendapatkan sumber asam folat dari kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, kembang kol, hati sapi dan juga suplemen.

Nah itulah semua cara mencegah keguguran yang bisa dilakukan di awal kehamilan atau sepanjang kehamilan. Karena keguguran adalah hal yang tidak nyaman maka lebih baik untuk mencegahnya.

Sumber: