Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / 13 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk

13 Tips Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk

/
/
8 Views

Salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita gemuk adalah sulit untuk hamil secara alami. Baca: Mengapa Wanita Gemuk Sulit Hamil

Hal ini bisa terjadi karena wanita gemuk memiliki nilai indeks yang lebih tinggi yang kurang ideal untuk kehamilan.

Tubuh yang terlalu gemuk juga berisiko sulit hamil karena memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sulit mengalami ovulasi yang sempurna, dan ancaman penyakit pada sistem reproduksi.

Kondisi kegemukan sejak usia remaja juga sangat buruk untuk kesuburan. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah menstruasi yang tidak teratur.

Tapi ini bukan berarti wanita gemuk tidak bisa hamil. Wanita dengan berat badan berlebih (obesitas) tetap bisa hamil dan melahirkan anak.

Di artikel pengenhamil.com berikut kita akan membahas tips cepat hamil untuk wanita gemuk atau obesitas.

Tips cepat hamil untuk wanita gemuk
Tips cepat hamil untuk wanita gemuk

Berikut ini adalah tips cepat hamil untuk wanita gemuk:

  1. Mengawasi masa ovulasi

Jika Anda berusaha untuk hamil sambil menurunkan berat badan agar sehat maka cobalah untuk memantau masa ovulasi. Jangan sampai melewatkan masa ovulasi karena itu kesempatan untuk berhubungan intim dengan pasangan.

Jika Anda memiliki menstruasi yang teratur maka masa ovulasi bisa terdeteksi dengan baik dan tepat.

Tandai semua kondisi ovulasi seperti cairan serviks yang lebih banyak, keinginan untuk berhubungan seksual, payudara yang sangat lembut dan terjadi selama 14 hari setelah hari pertama menstruasi.

Ketika sudah memiliki tanda ini maka cobalah untuk berhubungan intim setiap dua hari sekali.

  1. Ikut program bayi tabung

Jika sudah mencoba kehamilan alami dan tidak kunjung datang,maka cobalah untuk melakukan proses bayi tabung. Proses ini diawali dengan pemeriksaan pada kesehatan atau status kesuburan baik untuk suami dan istri.

Kemudian dokter biasanya akan mengatasi semua masalah pada sistem reproduksi sebelum proses dimulai. Lalu setelah berhasil maka sel telur dan sel sperma akan dipertemukan untuk pembuahan di sebuah laboratorium.

Setelah terjadi pembuahan maka embrio yang terbentuk akan dimasukkan ke dalam rahim dengan alat kateter yang sangat kecil.

Proses ini akan diawasi oleh dokter dari awal sampai akhir sehingga kehamilan benar-benar akan dijaga.

  1. Berhenti konsumsi lemak trans

Wanita gemuk memang akan sulit untuk hamil secara alami. Agar cepat hamil cara mengatasinya adalah dengan menerapkan program menurunkan berat badan.

Salah satu caranya yaitu dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Lemak jenuh dalam tubuh akan membuat pembuluh darah bekerja lebih lambat karena tersumbat oleh lemak. Ini akan menyebabkan sistem reproduksi tidak mendapatkan aliran darah yang cukup.

Dengan konsumsi lemak yang sehat maka lebih baik untuk tubuh karena pasti kondisi reproduksi akan kembali normal.

  1. Konsumsi protein nabati

Wanita gemuk yang ingin cepat hamil bisa meningkatkan asupan protein nabati dan mengurangi protein hewani.

Masalah utama ketika gemuk adalah sulit untuk mendapatkan ovulasi yang sempurna. Pengaruh lemak dalam tubuh sering menyebabkan produksi sel telur lebih kecil dan hasilnya tidak sesuai ukuran yang diharapkan untuk kehamilan.

Syarat bisa terjadi kehamilan adalah adanya sel telur yang sehat dan sesuai dengan ukuran. Untuk itu cobalah memilih makanan yang mengandung protein nabati daripada protein hewani.

Berbagai jenis makanan yang mengandung protein nabati sehat adalah seperti kacang-kacangan, kacang merah, kacang amond, tahu, tempe dan bahan lainnya.

  1. Perbanyak konsumsi lemak sehat

Kemudian Anda juga harus lebih banyak mengonsumsi lemak sehat. Jenis lemak sehat yang sangat disarankan termasuk lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Kedua lemak ini sangat baik untuk membantu hormon reproduksi naik dengan cepat. Kemudian juga bisa membantu kadar hormon reproduksi menjadi lebih seimbang.

Sumber makanan yang mengandung lemak sehat adalah seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, ikan air tawar,kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Pilih susu rendah lemak

Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi susu maka cobalah untuk memilih susu rendah lemak. Hindari konsumsi susu yang mengandung lemak tinggi atau susu full cream.

Baca juga: Jenis-Jenis Susu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Susu mengandung nutrisi yang sangat penting untuk program kehamilan seperti kalsium, vitamin yang lengkap dan mineral.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ini maka cobalah memilih susu yang mengandung lemak lebih rendah. Jika bisa maka lebih baik mengonsumsi susu untuk hamil.

  1. Berhenti konsumsi kafein

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein maka cobalah untuk tidak mengonsumsinya lagi agar cepat hamil.

Kafein memiliki dampak yang serius untuk kesuburan karena bisa merusak kerja jantung dalam mengedarkan darah ke semua bagian tubuh.

Kafein dalam batas tertentu memang masih diijinkan. Tapi jika tubuh Anda sudah gemuk sebaiknya memang tidak minum kafein sama sekali.

Kafein mengandung senyawa yang bisa merusak kualitas sel telur. Kemudian juga bisa menyebabkan gangguan hormon sehingga bisa merusak kesuburan. Jadi lebih baik untuk berhenti minum kafein.

  1. Cukupi kebutuhan asam folat

Asam folat adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan. Wanita gemuk yang ingin cepat hamil perlu meningkatkan asupan asam folat dalam diet hariannya.

Asam folat juga bisa mempercepat kehamilan karena bisa membuat ukuran sel telur menjadi lebih besar. Berbagai sumber asam folat yang baik untuk program kehamilan bisa didapatkan dari sayuran hijau dan sayuran kaya serat.

  1. Gerakan yang lebih aktif

Untuk meningkatkan peluang kehamilan pada wanita gemuk maka sebaiknya tubuh lebih aktif bergerak. Berbagai gerakan sangat penting untuk menurunkan berat badan dan mengelola kadar gula darah.

Beberapa jenis gerakan dalam olahraga dapat meningkatkan keseimbangan hormon dan menurunkan kadar gula darah seperti zumba, yoga, aerobik dan jalan kaki.

Jika bisa berolahraga secara teratur maka bisa membuat sistem hormon lebih seimbang sehingga peluang kehamilan lebih besar.

  1. Cukupi kebutuhan serat

Masalah utama ketika tubuh gemuk adalah karena tubuh memiliki lemak yang berlebihan. Untuk membantu membakar lemak maka cobalah mengonsumsi serat.

Serat sangat baik untuk proses pencernaan dan ini juga bisa membuat kerja usus menjadi lebih lancar. Selain itu sumber makanan yang kaya serat juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk persiapan kehamilan.

Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi seperti labu, tomat, sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Cairan memiliki peran yang sangat penting untuk kesuburan. Anda bisa mencoba untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama program hamil. Baca juga: Bahaya Dehidrasi pada Wanita Hamil dan Janin

Jenis cairan yang sangat disarankan adalah air mineral biasa. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda, minuman manis dalam kemasan dan berbagai minuman dengan bahan perasa makanan.

Cukup air putih saja yang mengandung mineral tinggi sehingga baik untuk organ reproduksi.

  1. Hindari MSG

Hubungan MSG dan kegemukan memang sangat besar. Untuk wanita gemuk sebaiknya memang tidak mengonsumsi MSG.

Hal ini karena MSG sering menyebabkan rasa makanan menjadi lebih gurih dan meningkatkan nafsu makan. Dampaknya sangat buruk karena berat badan akan terus bertambah sehingga lebih sulit hamil.

Jadi cobalah menggantikan MSG dengan bumbu lain yang lebih menyehatkan seperti bawang merah, bawang putih atau lada.

  1. Hindari zat kimia makanan

Selain MSG maka semua bahan kimia makanan juga harus dihindari. Termasuk juga seperti bahan pemanis buatan, perasa makanan dan pewarna makanan.

Untuk menghindari bahan ini maka cobalah memasak makanan sendiri. Anda bisa tahu jenis makanan apa yang baik untuk kesuburan dan bahan bumbu apa saja yang bisa ditambahkan.

Memasak sendiri juga lebih sehat karena Anda bisa mengukur porsi yang lebih sesuai.

Jadi seperti itulah tips cepat hamil untuk wanita gemuk. Wanita gemuk memang memiliki risiko masalah kesuburan yang cukup berat. Jadi semua tips ini sangat berhubungan dengan langkah untuk cepat hamil dan mengelola berat badan.

This div height required for enabling the sticky sidebar