Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 13 Jenis Makanan Penguat Kandungan

13 Jenis Makanan Penguat Kandungan

/
/
107 Views

Dokter atau bidan yang menangani Ibu hamil biasanya memberikan suplemen tambahan untuk menguatkan kandungan. Selain suplemen, terdapat beberapa jenis makanan penguat kandungan yang sangat direkomendasikan para ahli gizi.

Adapun nutrisi dan gizi penting yang harus ada dalam menu makanan tersebut adalah yang mengandung zat besi, asam folat, yodium, kolin, kalsium, DHA, Vitamin C serta vitamin D.

Zat-zat tersebut sangat baik untuk menguatkan kandungan dan meningkatkan kesehatan Ibu dan janin. (Baca juga: Daftar Makanan Penyubur Kandungan)

Namun sebenarnya tak hanya vitamin saja yang dapat menguatkan kandungan, ada beberapa jenis makanan yang memberikan manfaat sebagai penguat kandungan selama masa kehamilan.

Apa saja jenis makanan penguat kandungan tersebut? Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan mengulasnya secara tuntas.

Jenis-Jenis Makanan untuk Menguatkan Kandungan

Daftar makanan penguat kandungan untuk dikonsumsi Ibu selama masa kehamilan:

1. Telur

Telur adalah penguat kandungan alami
Telur adalah penguat kandungan alami

Berbagai jenis telur sangat cocok untuk dijadikan menu makanan sehari hari ibu hamil, terutama jika memiliki kondisi kandungan lemah.

Hal ini karena omega-3 dan protein, dimana kandungan utama dalam telur bermanfaat menguatkan rahim ibu hamil.

Jenis telur yang dapat dikonsumsi adalah telur bebek, telur ayam kampung, telur ayam negeri, telur angsa, dan jenis telur lainnya.

Telur bebek memiliki kandungan protein tertinggi yang sangat baik bagi ibu hamil.

Untuk mengolah telur, ibu bisa mencoba merebusnya hingga matang. Jangan mengonsumsi telur dalam keadaan setengah matang.

Sangat dilarang bag ibu hamil mengonsumsi makanan mentah maupun setengah matang. Anda bisa merebusnya hingga cangkang telur retak dan telur dapat mengambang di atas air.

Konsumsi telur rebus ini 3 kali sehari sehingga kandungan akan semakin kuat dan terhindar dari berbagai risiko.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau dapat menguatkan kandungan wanita
Kacang hijau dapat menguatkan kandungan wanita

Sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kacang hijau sehari-harinya. Kandungan zat besi yang tinggi dalam kacang hijau sangat baik selama masa kehamilan.

Tak hanya meningkatkan Hb di dalam darah saja, namun juga untuk menjaga agar perkembangan janin tetap sehat selama masa kehamilan.

3. Kecambah

Selama ini kecambah dikenal sebagai makanan yang dapat membantu agar cepat hamil. Kecambah dapat menyuburkan serta meningkatkan kualitas sel sperma pada pria.

Selain itu, ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi kecambah yang dapat membantu menguatkan kandungan secara alami.

Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus kecambah hingga matang dan dijadikan sebagai lalapan makanan.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai baik untuk kandungan
Kacang kedelai baik untuk kandungan

Kacang kedelai masuk sebagai salah satu daftar makanan penguat kandungan yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

Kandungan protein yang tinggi inilah yang sangat baik bagi ibu dan janin dalam kandungan. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung isoflavin, saponin, dan asam phytic yang sangat baik untuk tubuh.

Tak hanya membantu untuk menguatkan kandungan, kacang kedelain juga dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung, pengeroposan tulang, hingga kanker.

Ibu bisa mengolah kacang kedelai dengan cara direbus atau mengonsumsi susu kedelai.

Cobalah rutin untuk mengonsumsi kacang kedelai maupun olahannya secara rutin agar kandungan ibu semakin kuat dan mengurangi risiko gangguan selama kehamilan.

5. Susu

Susu mengandung protein yang cukup tinggi, selain itu terdapat pula kalsium yang sangat baik bagi ibu hamil.

Inilah mengapa susu menjadi salah satu makanan penguat kandungan yang harus dimasukkan ke dalam menu makanan sehari hari.

Disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi susu murni yang telah melalui proses pasteurisasi dan steril. Sehingga tidak terdapat kandungan bakteri dalam susu dan sangat aman dikonsumsi.

6. Brokoli

Nutrisi dalam Brokoli menguatkan kandungan wanita
Nutrisi dalam Brokoli menguatkan kandungan wanita

Sayuran hijau yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Kaya akan folat, kalsium, serta vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan.

Mengonsumsi 100 gram brokoli setiap hari akan sangat baik bagi ibu hamil, terutama yang memiliki masalah pada kandungan.

Tak hanya membantu menguatkan kandungan saja, namun brokoli juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang berdampak buruk bagi kehamilan.

Zat besi dalam brokoli juga mencegah risiko anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

7. Apel

Buah lainnya yang masuk ke dalam makanan penguat kandungan adalah buah Apel.

Apel memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang merupakan nutrisi yang sangat baik bagi ibu hamil.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan jika ibu hamil mengonsumsi apel secara rutin dapat menurunkan risiko asma dan alergi pada bayi.

8. Alpukat

Buah alpukat kuatkan kandungan wanita
Buah alpukat kuatkan kandungan wanita

Kandungan asam folat yang cukup tinggi dalam buah alpukat menjadi pilihan terbaik bagi ibu hamil.

Makanan penguat kandungan ini juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, serat, dan berbagai jenis mineral.

Beberapa jenis mineral memiliki manfaat untuk menurunkan gejala mual ataupun kram yang sering dialami oleh ibu selama masa kehamilan.

Dan untuk janin, buah alpukat ini sangat baik bagi perkembangan otak serta sistem syaraf selama dalam kandungan.

9. Pisang

Kandungan kalium yang ada dalam pisang dapat menjadi pasokan energi yang sangat baik bagi ibu hamil. Dan untuk itulah pisang sangat direkomendasikan bagi wanita selama masa kehamilan.

Pisang sering dikonsumsi ibu hamil ketika mengalami mual-mual. Selain itu juga, kandungan vitamin B-6, C, serta seratnya akan sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

10. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan penguat kandungan wanita
Ikan salmon adalah makanan penguat kandungan wanita

Ikan laut dengan kandungan kaya akan protein, omega-3 serta asam folat ini sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena baik bagi ibu serta janin dalam kandungan.

Mengonsumsi ikan salmon yang dimasak dengan cara di tim dapat mendukung kandungan yang kuat dan tidak mudah mengalami keguguran.

Selain itu, asam folat yang ada dalam ikan salmon juga bermanfaat bagi perkembangan otak janin.

11. Ubi jalar

Ubi Jalar mengandung karbohidrat kompleks yang sangat tinggi sehingga dipercaya sebagai salah satu makanan penguat kandungan.

Makanan ini juga mengandung karoten, yang merupakan zat yang dapat diubah menjadi vitamin A.

Selain itu, kandungan vitamin C, asam folat, dan serta di dalamnya juga sangat bermanfaat menguatkan kandungan ibu hamil.

12. Ikan Tawar

Beberapa jenis ikan tawar ternyata juga mengandung manfaat yang baik untuk menguatkan kandungan selama masa kehamilan.

Kaya akan kandungan omega-3 dan protein ini lah yang membantu untuk menjaga kandungan tetap kuat dan sehat.

Akan tetapi ikan tawar bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk ibu hamil jika tidak diolah dengan baik.

Jangan mengonsumsi ikan dalam kondisi mentah atau setengah matang karena masih mengandung merkuri yang tidak akan baik bagi ibu hamil.

13. Udang

Udang adalah penguat kandungan yang ampuh
Udang adalah penguat kandungan yang ampuh

Makanan laut lainnya yang menjadi makanan penguat kandungan adalah udang. Kandungan protein dalam udang cukup tinggi.

Bahkan dalam 100 gramnya, terdapat 20 gram protein. Ibu bisa mengonsumsi 100 gram udang setiap harinya untuk dapat memenuhi kebutuhkan protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Nah itu tadi 13 makanan penguat kandungan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Anda bisa memasukkan makanan-makanan diatas dalam menumakanan sehari hari selama masa kehamilan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.