Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / 12 Manfaat Ikan bagi Ibu Hamil dan Janin

12 Manfaat Ikan bagi Ibu Hamil dan Janin

/
/
52 Views

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang direkomendasikan untuk Ibu hamil. Manfaat ikan sangat besar untuk menjaga kesehatan Ibu sekaligus bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Banyak dokter dan bidan yang menganjurkan Ibu hamil mengonsumsi ikan secara rutin agar kebutuhan akan nutrisi dapat tercukupi.

Meski demikian tidak semua jenis ikan boleh dikonsumsi. Terdapat beberapa jenis ikan yang harus dihindari terutama oleh Ibu hamil.

Di artikel pengenhamil.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis ikan yang wajib dihindari tersebut sekaligus manfaat ikan bagi kesehatan Ibu hamil dan janin.

Manfaat Ikan Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat ikan bagi Ibu hamil dan janin
Manfaat ikan bagi Ibu hamil dan janin

Ikan mengandung kaya akan gizi yang dapat membantu memberikan nutrisi yang baik untuk janin dalam kandungan. Lalu apa saja manfaat ikan bagi ibu hamil dan janin? berikut ini penjelasannya.

1. Membantu Perkembangan Otak Janin

Salah satu manfaat ikan yang bagi janin adalah membantu perkembangan otak selama dalam kandungan.

Di dalam ikan, terkandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi yang dapat membantu mengembangkan sistem syaraf serta otak janin.

Inilah yang membantu anak cerdas sejak dari dalam kandungan. Ikan laut seperti tuna dan salmon dipercaya mampu membantu meningkatkan kecerdasan pada janin yang ada di dalam kandungan karena kandungan omega-3 dan asam folatnya yang tinggi.

2. Mencegah Risiko Keguguran

Ikan juga bermanfaat bagi Ibu janin karena membantu mencegah terjadinya keguguran.

Kandungan DHA yang ada di dalam ikan mencegah kontraksi di dalam rahim. Ketika ibu hamil mengalami kontraksi yang dini pada rahimnya, tentu ini akan menurunkan risiko ibu hamil mengalami keguguran.

3. Mencegah Hipertensi

Banyak ahli/dokter kandungan yang menyarankan agar sebaiknya ibu hamil jangan sampai terkena hipertensi. Ini akan menyebabkan risiko buruk bagi janin di dalam kandungan.

Untuk itulah sangat dianjurkan bagi ibu hamil mengonsumsi ikan karena nutrisi di dalamnya dipercaya dapat menormalkan tekanan darah serta mencegah hipertensi saat kehamilan.

Biasanya ibu hamil bisa terkena hipertensi ketika menjelang proses persalinan. Hal ini karena saat melahirkan, akan terjadi peningkatan pada tekanan fisik maupun pikiran.

Sehingga tidak heran ibu hamil bisa saja mengalami hipertensi atau peningkatan tekanan darah.

4. Menghindari Persalinan Premature

Makan ikan juga bermanfaat untuk menghindari bayi lahir prematur.

Biasanya jenis ikan yang dapat membantu mencegah kelahiran premature merupakan ikan laut. kandungan gizi yang terdapat pada ikan laut jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis ikan air tawar.

Inilah yang membuat ikan laut sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama kehamilan.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat ikan lainnya yang perlu anda ketahui adalah nutrisi dalam ikan mampu meningkatkan sistem imunitas. Kandungan vitamin C yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sehingga janin yang nantinya lahir tidak akan mudah terserang penyakit. Vitamin C yang terdapat pada ikan air tawar maupun ikan laut sangat bagus bagi pembentukan antibodi pada janin di dalam kandungan.

6. Membuat Kulit Tampak Sehat

Ibu yang rutin mengonsumsi ikan selama masa kehamilan dipercaya bisa memiliki kulit yang tampak jauh lebih sehat dibandingkan ibu yang tidak mengonsumsi ikan.

Perubahan hormon selama masa kehamilan bisa membuat kulit menjadi tampak kusam, muncul jerawat, dan masih banyak lainnya.

Vitamin yang ada di dalam ikan mampu menutrisi kulit dibandingkan dengan penggunaan kosmetik. Apalagi saat mengandung, disarankan bagi ibu hamil menghindari penggunaan kosmetik.

Sehingga dengan mengonsumsi ikan secara rutin bisa membantu kulit tetap ternutrisi dan sehat meskipun tanpa menggunakan kosmetik.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung yang meningkat adalah salah satu manfaat ikan yang jarang diketahui orang.

Ibu yang mengonsumsi ikan secara teratur akan memiliki kondisi jantung yang lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Manfaat ini tidak hanya akan dirasakan ibu hamil saja, namun juga bermanfaat bagi janin di dalam kandungan.

Pembentukan organ jantung pada janin juga dapat mengalami perkembangan yang sempurna ketika ibu rutin makan ikan.

8. Mengembangkan Otot-Otot Janin

Ikan juga bermanfaat dalam mengembangkan otot-otot janin ketika masih berada di dalam kandungan.

Jika janin mengalami perkembangan otot yang tidak sempurna, maka berisiko mengalami kelumpuhan setelah lahir, sebab syaraf-syaraf yang ada di dalam janin berhubungan dengan otot-otot di dalam tubuhnya.

Untuk itu agar mendukung perkembangan otot yang sempurna, ibu hamil disarankan makan ikan secara rutjn.

Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan fungsi neurologis yang ada pada janin.

9. Menghindarkan Dari Kolesterol

Siapa sangka jika mengonsumsi ikan secara rutin dapat memberikan manfaat menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam tubuh.

Salah satu penyebab munculnya kolestrol adalah tekanan darah yang tinggi. Nutrisi di dalam ikan  dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga risiko kolestrol dapat dihindari.

10. Menyehatkan Indra Pengelihatan

Manfaat ikan yang lain yaitu membantu menyehatkan mata janin.

Kandungan protein serta DHA di dalam ikan dapat membantu menyehatkan indra pengelihatan janin yang ada di dalam kandungan sehingga terhindar dari risiko kebutaan.

Ikan juga membantu perkembangan janin menjadi lebih aktif dalam menangkap lingkungan di sekitarnya.

11. Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat ikan lainnya yang bisa berguna bagi ibu hamil adalah mengurangi tingkat risiko terkena stroke. Stroke bisa disebabkan karena tekanan darah yang tinggi.

Kondisi ini sering terjadi pada ibu yang sedang hamil. Untuk itu lah pentingnya makan ikan secara rutin selama masa kehamilan.

12. Membantu Proses Pembekuan Darah

Ibu hamil yang sering makan ikan secara teratur akan mendapatkan manfaat yaitu membantu proses pembekuan darah yang ada di dalam tubuh janin.

Perlu anda ketahui jika darah yang tidak dapat membeku tentunya akan sangat membahayakan.

Demikian beberapa manfaat ikan bagi Ibu hamil dan janin, berikutnya kita akan membahas apa saja jenis ikan yang harus dihindari dan tidak boleh dimakan selama kehamilan.

Jenis Ikan Yang Dilarang Dikonsumsi Ibu Hamil

Jangan makan ikan mentah saat hamil
Jangan makan ikan mentah saat hamil

Meskipun ikan merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan, namun tetap saja jenis ikan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan.

Terdapat beberapa jenis ikan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil karena mengandung merkuri yang cukup tinggi, yaitu Ikan king makarel, hiu,tilefish, marlin, swordfish, orange roughy, dan big eye tuna.

Jenis-jenis ikan tersebut memiliki kandungan merkuri yang tinggi dikarenakan termasuk jenis ikan predator yang sering memangsa ikan-ikan kecil lainnya.

Saat ikan-ikan kecil dimangsanya juga memiliki kandungan merkuri, ini akan membuat tumpukan merkuri semakin tinggi dan akan sangat berbahaya dikonsumsi ibu hamil.

Selain ketujuh jenis ikan diatas, ada beberapa lainnya yang memiliki kandungan merkuri yang sedang namun masih bisa dikonsumsi dalam batas wajah seperti ikan salmon, ikan nila, dan ikan kod.

Menurut Food and Drug Administration, Amerika Serikat menjelaskan jika konsumsi ikan yang baik bagi ibu hamil adalah sebanyak 340 gr dari ikan yang memiliki kandungan merkuri rendah.

Ibu hamil dilarang keras mengonsumsi ikan yang mengandung banyak merkuri. Selain itu, cara memasak ikan juga harus diperhatikan.

Jangan memakan ikan mentah atau setengah matang selama masa kehamilan. Di khawatirkan masih ada bakteri-bakteri di dalamnya yang dapat masuk ke dalam tubuh dan mempengaruhi janin saat dikonsumsi ibu hamil.

Nah itu tadi penjelasan mengenai manfaat-manfaat baik yang didapatkan dari makan ikan secara rutin selama masa kehamilan, baik bagi ibu hamil maupun janin yang ada di dalam kandungan. Semoga informasi diatas dpaat membantu bagi anda.