Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Gangguan Kehamilan / 10 Manfaat Mendengar Musik Saat Hamil

10 Manfaat Mendengar Musik Saat Hamil

/
/
142 Views

Ketika sedang hamil maka ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh ibu hamil. Misalnya mendengarkan musik saat pagi atau malam hari.

Cara ini dilakukan dengan menempelkan headseat khusus ke perut ibu hamil yang bisa menjangkau janin. Tentu saja bayi dalam kandungan juga sudah bisa mendengar suara musik ini dan bisa memberikan respon seperti tendangan atau gerakan lengan.

Kebiasaan ini ternyata awalnya hanya sebagai percobaan saja namun berita tentang manfaatnya menyebar dengan cepat. Ada kepercayaan khusus ketika bayi mulai dikenalkan dengan suara musik sejak dalam rahim.

Anda belum percaya? Simak dulu manfaat mendengar musik saat hamil untuk bayi dan ibu.

Manfaat Bayi Dalam Kandungan Mendengar Musik

Berikut ini beberapa manfaat mendengar musik untuk bayi dalam kandungan:

  1. Merangsang perkembangan organ bayi

Ketika bayi sudah berusia 20 minggu maka kemampuan bayi berkembang dengan pesat. Telinga sudah terbentuk dan bisa mendengar berbagai suara dari luar rahim.

Bayi sudah bisa mendengar beberapa suara dari dalam dan luar tubuh ibu. Seperti organ pencernaan ibu ketika bekerja, pernafasan ibu, gerakan jantung memompa darah dalam tubuh ibu dan beberapa suara lain.

Kemudian janin juga sudah bisa memberikan respon ketika mendengar suara dari luar tubuh ibu. Dan musik akan membuat semua organ tubuh bayi menjadi lebih peka.

Efeknya juga merangsang perkembangan organ bayi menjadi lebih sehat dan mencegah masalah pada proses ini.

Janin dalam kandungan mendengar musik
Janin dalam kandungan mendengar musik
  1. Menenangkan bayi saat sudah lahir

Ketika berada dalam kandungan maka bayi sangat peka terhadap suara ibu. Bayi juga mendengarkan berbagai suara dari luar tubuh ibu.

Tapi ikatan yang paling kuat terbentuk dari suara ibu sehingga bayi lebih kuat saat mendengar suara ibu. Karena itulah bayi bisa merespon suara ibu setelah lahir.

Ketika bayi sudah mulai mendengarkan musik sejak dalam kandungan maka ni bisa membuat bayi menjadi lebih tenang.

Saat lahir maka bayi menangis kencang tapi kemudian bayi merespon dengan tenang ketika ibu berbicara dengan bayi untuk menyambut bayi.

Inilah yang menghubungkan bahwa bayi seperti memiliki kejadian yang sama ketika mendengarkan musik dari dalam rahim.

  1. Menghindari gangguan perilaku saat sudah lahir

Menurut sebuah penelitian yang dikembangkan oleh Profesor Emeritus bahwa musik sangat penting untuk merangsang kerja otak bayi. Proses ini dimulai sejak pertumbuhan dan perkembangan otak bayi memasuki tahap penting selama masih dalam kandungan.

Suara musik bisa membuat otak peka terhadap berbagai aktifitas. Memang kemampuan otak bisa diturunkan dari riwayat keluarga.

Tapi musik akan membuat bayi memiliki perilaku yang lebih tenang. Ini yang dipercaya bisa mencegah beberapa gangguan perilaku saat bayi sudah lahir termasuk gejala autis.

  1. Membuat bayi tenang dalam rahim

Ada banyak masalah yang bisa terjadi akibat gerakan bayi yang berlebihan ketika di dalam rahim ibu.  Seperti bayi sungsang dan bayi yang terlilit tali pusat.

Masalah ini ternyata bisa dicegah dengan mendengarkan musik pada bayi. Rangsangan suara musik bisa membuat bayi dalam rahim menjadi lebih tenang. Ini juga akan membuat bayi tidur dengan nyaman dalam rahim.

Inilah yang kemudian bisa membentuk waktu tidur khusus ketika bayi dalam rahim. Kemudian efek ini akan terjadi sampai lahir sehingga bayi tidak mudah menangis.

  1. Meningkatkan respon bayi

Ada beberapa bayi yang diam saja ketika digoda meskipun tidak memiliki cacat pendengaran. Semua ini bisa terjadi karena respon otak ke anggota tubuh bayi menjadi lambat.

Ternyata mendengarkan musik bisa membuat bayi memiliki respon yang baik. Respon ini sebenarnya berkembang dari dalam tubuh ketika bayi masih dalam kandungan.

Saat bayi mendengarkan musik dalam rahim maka sistem otak bayi bekerja secara maksimal. Kemudian kebiasaan ini akan berlaku saat sudah lahir ketika  bayi mendengar suara.

Karena itu bayi bisa menjadi lebih aktif terhadap suara dan bisa memberikan respon yang baik.

  1. Mengembangkan pendengaran bayi

Proses perkembangan indra pendengaran bayi sudah terjadi sejak dalam rahim. Saat bayi sudah biasa mendengarkan suara musik dari dalam rahim maka bayi menjadi sangat peka dengan suara.

Bahkan bayi sudah mulai merangsang terhadap getaran halus dari suara musik. Inilah yang akhirnya membuat bayi memiliki kemampuan indra pendengaran yang lebih baik.

Bahkan dengan proses ini bisa membuat bayi memiliki kemampuan yang baik untuk berkonsentrasi. Namun perlu diketahui bahwa proses ini tidak bisa membuat bayi cerdas seperti isu yang beredar.

Manfaat Untuk Ibu

Selain pada bayi, manfaat mendengar musik juga sangat baik untuk Ibu hamil, yaitu:

  1. Membuat ibu hamil lebih tenang

Ada banyak hal yang bisa membuat ibu merasa tertekan selama hamil. Ibu hamil menghasilkan hormon stres yang lebih tinggi akibat hormon kehamilan.

Ini yang akan membuat ibu bisa merasa lebih cemas termasuk memikirkan kondisi bayi dalam rahim dan keadaan ibu atau keluarga sendiri.

Mendengarkan musik akan membuat ibu menjadi lebih tenang dan merasa lebih nyaman. Ini yang akan membuat ibu tidak terkena dampak seperti janin bergerak terlalu banyak dan janin terlilit tali pusat karena ibu sering tertekan dan kurang tenang.

  1. Menjaga kesehatan ibu

Banyak ahli yang mengatakan jika mendengarkan musik juga sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan ibu. Ibu hamil cenderung lebih mudah sakit karena berbagai alasan seperti kondisi kehamilan dan janin dalam rahim.

Mendengarkan musik akan membuat ibu menjadi lebih tenang. Inilah yang akan membuat ibu menjadi lebih sehat.

Mendengarkan musik juga akan membuat ibu merasa lebih bahagia karena bisa menenangkan perasaan. Tanpa disadari ternyata proses ini yang akan membuat ibu hamil tidak mudah sakit dan cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

  1. Mencegah gangguan kehamilan pada janin

Ketika janin berkembang dalam kandungan maka hal negatif dan positif bisa terjadi dengan cepat. Karena prosesnya dalam rahim ibu maka ibu tidak akan tahu kecuali sudah merasakan berbagai gejalanya.

Mendengarkan musik secara tidak langsung akan membuat masalah berat badan bayi seperti ketika bayi harus lahir secara prematur.

Bahkan mendengarkan musik bisa merangsang penyerapan nutrisi dan oksigen dari tubuh ibu ke bayi dengan sangat baik.

Akhirnya bayi yang lahir menjadi lebih sehat dengan berat badan yang normal. Hal ini juga sangat baik untuk membantu agar perilaku anak nanti mudah terkendali.

  1. Menyediakan suasana lingkungan yang nyaman untuk bayi

Mendengarkan musik bisa membuat bayi tumbuh sangat nyaman dalam rahim. Hal ini yang akan membuat kondisi pertumbuhan bayi menjadi lebih normal dibandingkan bayi lain yang tidak dirangsang oleh musik.

Hal ini juga disebabkan karena ketika ibu mendengarkan musik maka tubuh ibu menjadi lebih santai. Tubuh ibu menghasilkan hormon endorfin dan serotonin yang akan membuat ibu merasa lebih bahagia.

Hormon ini akhirnya juga sampai ke tubuh bayi melalui plasenta. Bahkan mendengarkan musik bisa membuat semua otot tubuh ibu lebih santai, tidak terlalu lelah dan peredaran darah menjadi sangat lancar.

Ternyata begitu banyak manfaat mendengar musik saat hamil untuk bayi dan ibu. Semua ibu hamil tidak perlu ragu lagi untuk mendengarkan musik bersama bayi karena dampaknya sangat baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

Sumber:

  1. https://www.momjunction.com/articles/music-during-pregnancy_00391526
  2. https://parenting.firstcry.com/articles/listening-to-music-during-pregnancy/
  3. https://www.beingtheparent.com/listening-music-during-pregnancy-garbhagraha-sanskar/