Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
img
Home / Kehamilan / Cara Cepat Hamil / 10 Jenis Jamu Penyubur Kandungan

10 Jenis Jamu Penyubur Kandungan

/
/
225 Views

Langsung bisa hamil tentu menjadi keinginan semua pasangan yang baru menikah. Tapi ternyata untuk bisa cepat hamil memang tidak mudah.

Syarat bisa mencapai kehamilan juga  berat karena hanya bisa terjadi ketika perempuan memiliki sel telur yang sempurna dan juga pria dengan sel sperma yang berkualitas.

Syarat lain juga diperlukan yaitu hubungan intim yang dilakukan saat perempuan memasuki masa subur. Jika salah satu pasangan baik itu suami atau istri kurang subur maka sulit untuk bisa cepat hamil.

Menggunakan obat medis biasanya menjadi jalan yang paling akhir karena itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan bahan tradisional yang sudah digunakan sejak lama.

Ya, jamu untuk meningkatkan kesuburan memang ada. Berikut ini Kami sampaikan mengenai jenis jamu penyubur kandungan agar cepat hamil.

  1. Teh daun raspberry merah

Daun rapsberry merah adalah salah satu jamu penyubur kandungan yang handal dan telah digunakan orang sejak lama.

Rubus idaeus atau juga dikenal dengan tanaman raspberry merah adalah salah satu jamu yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas sel telur.

Teh ini pada dasarnya bisa membantu produksi sel darah merah sehingga juga bisa mencegah anemia. Kemudian kandungan bahan astringen dalam teh ini juga bisa melawan pendarahan.

Jadi jamu ini bisa dimimum setelah selesai menstruasi agar ovulasi pada proses selanjutnya berlangsung dengan sempurna.

Teh ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan rahim termasuk mengatasi kista, endometriosis, fibroid dan juga masalah haid yang tidak teratur.

Untuk membuat jamu ini maka gunakan jenis teh daun raspberry merah yang sudah dikemas. Kemudian seduh dengan air hangat dan minum dengan tambahan madu.

  1. Jamu dari jahe, lempuyang dan cengkeh merah

Ketiga bahan jahe, lempuyang dan cengkeh telah digunakan orang sejak lama untuk menyuburkan kandungan wanita.

Tiga bahan ini bisa bekerja untuk membersihkan rahim sehingga siap untuk tempat perkembangan embrio sampai menjadi janin yang kuat.

Jahe mengandung beberapa atsiri seperti gingerol yang sangat baik untuk melawan haid yang menyakitkan. Bahan lempuyang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jamu untuk menyuburkan kandungan
Jamu untuk menyuburkan kandungan
  1. Teh dari akar licorice

Biasanya bahan seperti licorice memang sering digunakan sebagai herbal untuk mengatasi batuk dan masalah kesehatan pada saluran pernafasan. Tapi ternyata licorice juga sangat baik untuk meningkatkan proses ovulasi.

Banyak perempuan yang gagal hamil karena tidak terjadi ovulasi yang sempurna. Akar licorice bisa bermanfaat untuk kesuburan karena mengandung senyawa khusus yang kemudian meningkatkan fungsi endokrin.

Akhirnya tubuh wanita yang minum teh ini bisa memiliki hormon yang seimbang. Anda juga harus tahu bahwa hormon tidak seimbang bisa menyebabkan PCOS dimana ini sering menyebabkan kemandulan.

  1. Minyak Evening Primrose

Kemudian jenis minyak Evening Primrose atau EPO juga bisa membantu menjaga kesuburan dan meningkatkan peluang kehamilan dengan cepat. Minyak yang di destilasi dari tanaman Evening Primrose ini bisa menjaga kadar hormon yang seimbang.

Kemudian minyak juga bisa mengatasi nyeri haid yang buruk, haid yang tidak teratur, dan membuat produksi lendir serviks meningkat.

Ketika perempuan memiliki lendir serviks yang cukup banyak maka kehamilan meningkat karena bahan ini yang mendorong sel sperma bisa masuk sampai bertemu sel telur.

  1. Teh daun jelatang

Lalu ada juga jamu yang terbuat dari daun jelatang yang sudah dikeringkan. Teh ini sekarang sudah banyak diolah dalam bentuk kering sehingga mudah untuk diminum.

Teh ini mengandung bahan mineral dan vitamin yang sangat baik untuk membantu proses membersihkan darah kotor. Kemudian akan membuang semua racun dalam tubuh sehingga tubuh lebih sehat.

Kandungan bahan antioksidan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan hati, meningkatkan aliran darah yang sehat, bisa menjaga keseimbangan hormon dan bahkan mengatasi sumbatan pada saluran tuba falopi.

Setelah minum jamu ini biasanya menstruasi menjadi teratur sehingga Anda bisa tahu kapan mencapai masa ovulasi dan bisa berhubungan intim dengan rutin.

  1. Ginseng

Di negara Asia Timur penggunaan ginseng untuk bahan jamu memang sudah sangat umum. Ginseng adalah jamu yang berbentuk akar kering maupun akar basah.

Bahan ini biasanya juga digunakan sebagai jamu yang sudah dicampur dengan bahan lain. Namun ginseng sendiri sebenarnya adalah bahan yang bisa meningkatkan kualitas sel telur.

Jika diminum saat memasuki masa ovulasi maka ukuran sel telur bisa menjadi lebih sempurna. Bahkan juga bisa menjaga agar tubuh tidak mudah sakit sehingga bisa terjadi pembuahan.

  1. Minyak jarak

Minyak jarak adalah jenis minyak yang dihasilkan dari tanaman jarak. Proses yang rumit digunakan untuk menyaring minyak paling alami dan berkhasiat.

Cara untuk menggunakan minyak jarak tidak diminum karena ini cukup berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Anda bisa mencoba untuk merendam kain  bersih ke dalam minyak kemudian gunakan untuk mengompres pada bagian punggung dan perut bawah.

Dengan cara perawatan ini ternyata bisa melawan semua jenis penyakit dari luar tubuh. Kemudian juga memberi efek limfatik sehingga bisa membuang semua racun tubuh.

Akhirnya dengan kesehatan tubuh yang baik, peredaran darah yang sempurna dan hormon yang seimbang maka Anda bisa mendapatkan kehamilan.

  1. Jamu dari rimpang kunyit putih dan kuning

Sudah sejak jaman dulu bahwa nenek moyang kita sering menggunakan jamu untuk mengatasi berbagai penyakit. Hal ini ternyata juga diterapkan untuk mengatasi kurang subur pada wanita.

Dua bahan yang sangat populer yaitu rimpang dari kunyit puting dan kuning. Dua jenis tanaman dari keluarga yang sama ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan reproduksi, melawan semua virus dan bakteri dan bahkan membuat organ kewanitaan menjadi sehat.

Caranya adalah dengan mencampur kedua rimpang ini kemudian masak dengan air panas. Saring dan minum airnya ketika sudah tidak terlalu panas.

Rasa yang cukup menyengat berasal dari kandungan astringent dan minyak atsiri yang berfungsi untuk membersihkan rahim dan meningkatkan keseimbangan hormon.

  1. Bawang putih dan kencur

Lalu salah satu jamu lain yang sangat mudah didapatkan dari dapur Anda adalah jamu dari bawang dan kencur.

Bawang mengandung glukosinates yang ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan rahim dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kemudian kencur mengandung senyawa dan berbagai jenis minyak atsiri yang bisa menjaga keseimbangan hormon, mengatasi tubuh tidak nyaman dan menghilangkan lelah.

Kedua bahan ini bisa dibuat dengan cara menghancurkan sampai halus, kemudian campur dengan air panas. Tunggu sampai semua bahan larut dan minum airnya.

Agar bisa meningkatkan kesuburan dengan baik maka minum teh ini setiap sore.

  1. Jahe, cabe rawit dan lempuyang

Lalu banyak juga yang sudah membuktikan keampuhan dari jamu yang berasal dari bahan seperti cabe rawit, jahe dan lempuyang.

Campuran ketiga bahan ini bisa mengatasi berbagai masalah kemandulan karena hormon yang tidak seimbang, gangguan akibat penyakit reproduksi seperti kista dan endometriosis dan meningkatkan gairah seksual.

Caranya adalah dengan mencampur semua bahan kemudian dihaluskan. Lalu tambahkan dengan air panas dan biarkan sampai bercampur.

Setelah itu saring airnya dan minum saat masih hangat. Karena rasanya memang cukup pedas  maka bisa ditambahkan dengan madu.

Selain rajin minum jamu, para wanita juga diharapkan rajin mengonsumsi makanan penyubur kandungan yang mengandung bahan mineral asam folat dan asam lemak yang tinggi.

Sumber:

  1. https://www.bulkherbstore.com/blog/7-herbs-for-increasing-fertility-conception/
  2. https://parenting.firstcry.com/articles/12-best-herbs-to-boost-fertility/
  3. https://www.momjunction.com/articles/herbs-to-help-with-fertility_00362184/